desain_rumah_minimalis

Mengapa Kamu Memilih Rumah Minimilis?

Pertanyaannya simpel, mengapa memilih rumah minimalis sebagai konsep rumah yang kamu inginkan? Tulisan ini hanya ingin menyegarkan kembali ingatan kita tentang rumah minimalis yang memang saat ini menjadi populer di publik kebanyakan, terutama masyarakat urban kota.

Rumah minimalis itu dibangun dari konsep berfikir bahwa menjalani kehidupan itu hendaknya serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan. Maka dari itu, konsep mendesain rumah minimalis tidaklah jauh berbeda dengan konsep rumah sederhana. Kedua jenis rumah ini berangkat dari pokok pikiran yang sama, yakni praktis dan efisien.

Karakteristik dasar rumah minimalis adalah KEPOLOSAN, di antaranya tidak menambahkan profil, ornamen, serta unsur-unsur dekoratif maupun garis-garis lengkung. Biasanya, rumah minimalis yang dibangun akan tampil lebih clean dan terlihat modern. Konsep rumah minimalis diterapkan dalam semua aspek, mulai dari arsitektur bangunan rumah, interior ruang, serta eksterior taman.

Rumah minimalis menunjukkan karakter lebih jelas (bentuk dan ruang geometris, sederhana), lebih baik (kokoh), dan lebih kuat dengan ruang- ruang yang kosong (sedikit ornamen dan perabotan). Prinsipnya semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik.

Rumah minimalis tidak memakai banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas seluruh ruangan dalam rumah tercipta dan ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernik aksesori di dalamnya. Dengan penyekatan dinding yang sedikit, ruang terasa lebih lega sesuai kebutuhan utama penghuni. Hal ini akan berpengaruh terhadap semakin lebih baik sirkulasi udara segar yang sehat serta pencahayaan sinar matahari yang lebih melimpah ke dalam rumah.

Jika pencahayaan lampu rumah minimalis ditata secara lebih cermat dan bernilai seni (lampu sorot, lampu tanam, lampu gantung, lampu taman), maka rumah minimalis tersebut akan tampak jauh lebih artistik di saat malam hari.

Rumah minimalis akan terasa nyaman untuk ditinggali bagi mereka yang termasuk golongan masyarakat urban. Masyarakat urban adalah mereka yang menginginkan kepraktisan, fungsional, ringan, hemat, dan efisien. Menjadi minimalis adalah bagian dari gaya hidup mereka, sesuai dengan kebutuhan mereka yang paling utama. Simbol gaya hidup metropolis.

Advertisements

Beri Pendapat Dong

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s